Jumat, 24 Maret 2017, LPM Koneksi FKI UMS mengundang Opik Oman untuk mengisi kajian menulis intern mereka. Acara tersebut khusus diikuti oleh anggota LPM dan diadakan di gedung induk UMS yang bersebelahan dengan RSIS. Ketua LPM, Khairul, mengatakan, tujuan mengundang Opik Oman adalah untuk menambah motivasi teman-temannya agar lebih semangat menulis.

Acara tersebut diadakan di sore hari, dari jam 4 sampai 5 sore. Selama itu, Opik Oman menularkan gairahnya dalam menulis kepada para mahasiswa itu. Tak lupa, beliau juga mempersilakan mereka mengonsultasikan kesulitan-kesulitan mereka dalam menulis.

Acara tersebut bersifat santai. Para peserta duduk lesehan membentuk lingkaran. Jumlahnya pun hanya sepuluh orang. Namun kesantaian itu tidak mengurangi bobot kajian. Mereka mendengarkan dan bertanya kepada Opik Oman dengan antusias.

Salah satu poin yang disampaikan oleh Opik Oman adalah, “Untuk mendapatkan gairah menulis, seseorang harus terlebih dahulu mempunyai gairah membaca. Gairah membaca dipupuk dengan membaca hal yang menarik dan ringan dulu. Lalu seiring waktu, akan semakin berat.”

Poin lain, “Belajar menulis juga dimulai dari membuat tulisan yang ringan dulu. Berupa opini atau artikel singkat mengenai berbagai hal yang dikuasai/disukai.”

Opik Oman juga menekankan untuk tidak malu mem-publish hasil tulisan di medsos. Itu juga salah satu bentuk latihan dalam menjadi penulis profesional. (Red)

Advertisements